Inilah Tips Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

Bagi para ibu-ibu hamil kini perlu anda waspadai serangan anemia selama kehamilan, mungkin sering kali kita menemui orang hamil yang terlihat lesu, mual dan kurang bergairah. Faktor penyebabnya yaitu dari pola hidup dalam mengkonsumsi makanan yang kurang mengandung zat besi serta aktivitas yang berlebihan, sehingga tubuh menjadi mudah lemas. Adapun untuk tips mengatasi anemia pada ibu hamil bisa anda simak pada ulasan berikutnya.

Mengapa Ibu Hamil Bisa Terkena Anemia ?

Ibu hamil memang sangat rentan terkena anemia karena karena saat hamil terjadi peningkatan volume darah sehingga sel darah merah relatif menjadi lebih rendah. Selain itu, berkurangnya asupan makanan karena mual dan muntah serta risiko perdarahan pada waktu persalinan juga akan meningkatkan risiko anemia.

Jika hemoglobin pada kehamilan trimester pertama di bawah 11 g/dL dan pada trimester kedua dan ketiga di bawah 10 g/dL, itu sudah dianggap anemia. Pengaruh keadaan anemia terhadap kehamilan bergantung pada derajat anemia.

Jika anemia ringan, mungkin pengaruhnya hampir tak ada. Namun, jika hemoglobin di bawah 6 g/dL, ibu akan merasa lekas lelah, bahkan dapat terjadi gangguan fungsi jantung.  Secara rutin biasanya pada kehamilan perlu diperiksa hemoglobin sehingga dapat dilakukan terapi. Penyebab anemia pada kehamilan yang sering adalah karena kurang besi, untuk itu perlu anda tahu apa saja tips mengatasi anemia pada ibu hamil.

Mengalami Anemia saat Kehamilan mempunyai beberapa resiko berikut :

- Keguguran
- Persalinan lama
- Perdarahan pasca-melahirkan
- Kelahiran prematur
- Bayi lahir dengan berat rendah
- Hingga kemungkinan bayi lahir dengan cacat bawaan

Jangan menganggap remeh Anemia saat kehamilan, segera lakukan pengobatan dan perawatan.

Berikut beberapa tips mengatasi anemia pada ibu hamil yang bisa dilakukan :

* Lakukan Pemeriksaan Hitung Darah Lengkap
Untuk mengetahui terkena Anemia atau tidak, segera lakuakan pemeriksaan hitung darah lengkap (complete blood count). Jika sel darah merah rendah (kehamilan mengalami anemia), wanita hamil membutuhkan suplemen tambahan untuk memastikan perkembangan bayi yang sehat. Segera cari cara terbaik untuk menangani Anemia.

* Konsultasikan Pada Dokter
Periksa kondisi kandungan dan kesehatan tubuh pada dokter. Jika saat kehamilan mengalami tanda-tanda Anemia, segera konsultasikan ke dokter untuk menanganinya. Biasanya dokter akan meresepkan obat atau melakukan penanganan anemia, bisa dilakukan secepat mungkin atau menunggu setelah proses melahirkan.

* Mengurangi Pola Diet
Kurangi proses diet saat kehamilan, karena perubahan pola makan dapat berdampak pada jumlah sel darah merah. Asam folat dan vitamin C bisa membantu mengaktifkan zat besi dalam aliran darah dan konsumsi makanan seperti daging, biji-bijian, tahu yang kaya zat besi.

Anemia tidak bisa dibiarkan begitu saja, tentunya sangat diperlukan penanganan dan pengobatan yang tepat. Seimbangan pola hidup anda agar tubuh selalu sehat selama menjalani kehamilan, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk memnuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh.

Demikian tips mengatasi anemia pada ibu hamil, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang mungkin saat ini sedang merasakan beberapa hal yang telah disebutkan pada ulasan diatas. Sayangilah diri anda seperti anda menyayangi si calon buah hati anda.

Bisa anda baca artikel lainnya tentang :  Obat alami darah tinggi.

Leave a reply

required

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>